profil

Jumat, 30 November 2012

Percayakah anda pada kalender maya...?? 31 Desember 2012 Kiamat....


Dalam kalender bangsa Maya, diramalkan bahwa pada periode 1992-2012 bumi akan dimurnikan, selanjutnya peradaban manusia sekarang ini akan berakhir dan mulai memasuki peradaban baru.

Dalam sejarah peradaban kuno dunia, bangsa Maya bagaikan turun dari langit, mengalami zaman yang cemerlang, kemudian lenyap secara misterius. Mereka menguasai pengetahuan tentang ilmu falak yang khusus dan mendalam, sistem penanggalan yang sempurna, penghitungan perbintangan yang rumit serta metode pemikiran abstrak yang tinggi. Kesempurnaan dan akurasi dari pada penanggalannya membuat orang takjub!
Sekelompok masyarakat yang misterius ini tinggal di wilayah selatan Mexico sekarang (Yucatan) Guetemala, bagian utara Belize dan bagian barat Honduras. Banyak sekali pyramid, kuil dan bangunan-bangunan kuno yang dibangun oleh Maya yang masih dapat ditemui di sana. Banyak juga batu-batu pahatan dan tulisan-tulisan misterius pada meja-meja yang ditinggalkan mereka. Para arkeolog percaya bahwa Maya mempunyai peradaban yang luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari peninggalannya seperti buku-bukunya, meja-meja batu dan cerita-cerita yang bersifat mistik. Tetapi sayang sekali buku-buku mereka di perpustakaan Mayan semuanya sudah dibakar oleh tentara Spanyol ketika menyerang sesudah tahun 1517. Hanya beberapa tulisan pada meja-meja dan beberapa system kalender yang membingungkan tersisa sampai sekarang.
Seorang sejarahwan Amerika, Dr. Jose Arguelles mengabdikan dirinya untuk meneliti peradaban bangsa ini. Ia mendalami ramalan Maya yang dibangun di atas fondasi kalender yang dibuat bangsa itu, dimana prediksi semacam ini persis seperti cara penghitungan Tiongkok, ala Zhou Yi. Kalendernya, secara garis besar menggambarkan siklus hukum benda langit dan hubungannya dengan perubahan manusia. Dalam karya Arguelles, The Mayan Factor: Path Beyong Technology yang diterbitkan oleh Bear & Company pada 1973, disebutkan dalam penanggalan Maya tercatat bahwa sistim galaksi tata surya kita sedang mengalami ‘The Great Cycle’ (siklus besar) yang berjangka lima ribu dua ratus tahun lebih. Waktunya dari 3113 SM sampai 2012 M. Dalam siklus besar ini, tata surya dan bumi sedang bergerak melintasi sebuah sinar galaksi (Galatic Beam) yang berasal dari inti galaksi. Diameter sinar secara horizontal ini ialah 5125 tahun bumi. Dengan kata lain, kalau bumi melintasi sinar ini akan memakan waktu 5125 tahun lamanya.
Orang Maya percaya bahwa semua benda angkasa pada galaksi setelah selesai mengalami reaksi dari sinar galaksi dalam siklus besar ini, akan terjadi perubahan secara total, orang Maya menyebutnya, penyelarasan galaksi (Galatic Synchronization). Siklus besar ini dibagi menjadi 13 tahap, setiap tahap evolusi pun mempunyai catatan yang sangat mendetail. Arguelles dalam bukunya itu menggunakan banyak sekali diagram-diagram untuk menceritakan kondisi evolusi pada setiap tahap. Kemudian setiap tahap itu dibagi lagi menjadi 20 masa evolusi. Setiap masa itu akan memakan waktu 20 tahun lamanya.
Dari masa 20 tahun antara tahun 1992-2012 itu, bumi kita telah memasuki tahap terakhir dari fase Siklus Besar, bangsa Maya menganggap ini adalah periode penting sebelum masa pra-Galatic Synchronization, mereka menamakannya: The Earth Generetion Priod (Periode Regenerasi Bumi). Selama periode ini bumi akan mencapai pemurnian total. Setelah itu, bumi kita akan meninggalkan jangkauan sinar galaksi dan memasuki tahap baru: penyelarasan galaksi.
Pada 31 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia kali ini, dalam perhitungan kalender Maya. Sesudah itu, umat manusia akan memasuki peradaban baru total yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sekarang. Pada hari itu, tepatnya musim dingin tiba, matahari akan bergabung lagi dengan titik silang yang terbentuk akibat ekliptika (jalan matahari) dengan ekuator secara total. Saat itulah, matahari tepat berada di tengah-tengah sela sistem galaksi, atau dengan kata lain galaksi terletak di atas bumi, bagaikan membuka sebuah “Pintu Langit” saja bagi umat manusia.
Dalam perhitungannya, bangsa Maya tidak menyinggung tentang apa penyebab peradaban kali ini berakhir. Ada sedikit yang kelihatannya jelas, bahwa berakhirnya ‘hari itu’ sama sekali bukan berarti malapetaka apa yang datang menghampiri, melainkan mengisyaratkan kepada seluruh umat manusia akan adanya transisi dalam kesadaran dan spiritual kosmis, selanjutnya masuk ke peradaban baru. Tahun 755 Masehi, seorang rahib Maya pernah meramal, setelah tahun 1991 kemudian, akan ada dua peristiwa penting terjadi pada manusia yaitu kebangkitan kesadaran, dan pemurnian bumi serta regenerasinya.
Mulai 1992, bumi memasuki apa yang oleh bangsa Maya disebut ‘Periode Regenerasi Bumi”. Pada periode ini, Bumi dimurnikan, termasuk juga hati manusia, (ini hampir mirip ramalan orang Indian Amerika-Utara terhadap orang sekarang ini), subtansi yang tidak baik akan disingkirkan, dan substansi yang baik dan benar akan dipertahankan, akhirnya selaras dengan galaksi (alam semesta), ini adalah singkapan misteri dari gerakan sistem galaksi kita yang diperlihatkan oleh bangsa Maya.
Dari titik pandang ilmu pengetahuan umat manusia sekarang, hal itu benar-benar tidak dapat dipercaya. Mungkin saja bangsa Maya sedang membicarakan tentang galaksi Bima Sakti (Milky Way), yang mana ilmu pengetahuan dan teknologi kita belum juga sampai ke solar sistim, seperti pepatah orang Tionghoa mengatakan “Serangan musim panas tidak dapat menjelaskan es di musim dingin”. Fenomena kosmik yang diperlihatkan oleh kalender Maya adalah benar-benar berharga dari suatu penyelidikan yang serius oleh umat manusia sekarang ini.
ARAH RAMALAN ITU
Sejak tahun 1992 sampai 2012 nanti, bagaimana terjadi “pemurnian” dan bagaimana pula terjadi “regenerasi” pada bumi kita ini, tidak disebutkan secara detail oleh bangsa Maya. Dalam ramalan mereka pun tidak menyinggung tentang apa hal konkret yang memberikan semangat manusia untuk bangkit dari kesadaran dan bagaimana bumi mengalami permurnian, yang ditinggalkan oleh mereka kepada anak cucunya (barangkali tidak tercatat). Lantas, fenomena baru apa yang sudah bisa kita lihat sejak tahun 1992 sampai sekarang yang bisa kita kaitkan dengan ramalan bangsa Maya yang beradab itu?
Mengamati peristiwa besar 10 tahun belakangan ini (1992-2002), kelihatannya karakter alam semesta, ‘Zhen, Shan, Ren,’ (sejati, baik, sabar) yang diajarkan oleh Master Li Hongzhi, sebagai efek yang sedang ‘memurnikan’ hati manusia dan bumi ini. Kami menemukan dua bilangan yang bermakna, pada 1992 adalah persis tahun pertama kalinya Li Hongzhi mengenalkan ajarannya secara terbuka kepada masyarakat, ditengah-tengah kemrosotan moral umat manusia yang parah.. Dari tahun 1992-1999, dalam waktu yang singkat ini, pengikut latihan kultivasi jiwa dan raga ini sudah mencapai hampir 100 juta orang di daratan China. Kini, latihan ini bahkan sudah menyebar kelebih 60 negara. Melalui kultivasi yang terus-menerus, latihan ini dapat mencapai tujuan mengganti sel-sel manusia dengan materi energi tinggi dan meningkatkan moral manusia sesuai karakter alam semesta serta kembali ke jati diri yang asli.
Mungkin sudah diatur, bahwa kalender Maya tidak hilang dan sejarah manusia, dan harus diuraikan dengan kode oleh manusia sekarang. Namun ia tetap saja harus dilihat, apakah umat manusia yang terpesona oleh konsepsinya yang trerbentuk sesudah kelahiran dapat menembus batas-batas untuk mengingatkan dan memahami kebenaran yang melampoi sistim pengetahuan kita.

Selasa, 27 November 2012

TV, Musuh Pendidikan..??



Televisi merupakan media massa elektronik yang mampu meyebarkan berita secara cepat dan memiliki kemampuan mencapai khalayak dalam jumlah tak terhingga pada waktu yang bersamaan. Televisi juga merupakan salah satu media massa elektronik yang paling bermanfaat bagi masyarakat. Karena melalui televisi kita dapat memperoleh banyak informasi yang bukan hanya dapat didengar tetapi juga dapat dilihat. Pada jaman sekarang televisi sangat digemari hampir disegala jenjang usia, baik oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa. Televisi mempunyai dampak positif dan negatif. Bahkan apabila dikaji lebih jauh dampak negatif dari televisi jauh lebih besar dibandingkan dampak positifnya. Televisi telah mampu membius para pemirsanya untuk terus menyaksikan acara demi acara yang dikemas sedemikian rupa, dan di bubuhi dengan assesories-assesories yang menarik, sehingga membuat pemirsanya terkagum-kagum dengan acara yang disajikan. Tidak jarang sekarang ini banyak anak-anak lebih suka berlama-lama didepan televisi dari pada belajar, bahkan hampir-hampir lupa akan waktu makannya. Ini merupakan suatu problematika yang terjadi dilingkungan kita sekarang ini, dan perlu perhatian khusus bagi setiap orang tua untuk selalu mengawasi aktivitas anaknya.
Bagi anak-anak, kebiasaan menonton televisi bisa mengakibatkan menurunnya minat baca anak-anak terhadap buku. Malas adalah hal yang paling sering terjadi jika seorang anak sudah terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga melupakan belajarnya, dan hal ini merupakan hal yang sangat merugikan bagi anak itu sendiri karena dengan bermalas-malasan dia tidak akan mendapatkan apa-apa dan apa yang ia cita-citakan dalam hidupnya, maka dari itu alangkah baiknya orang tua membatasi waktu menonton televisi dan menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan sang anak, selain malas pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal yang tidak seharusnya di contoh, misalkan anak usia dibawah lima tahun menonton tayangan televisi untuk orang dewasa, tentu hal ini sangat ”berbahaya” karena anak bisa dewasa sebelum dewasa, maksudnya adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa tidak seharusnya dicontoh oleh anak kecil, seperti Kekerasan, gaya hidup seperti berpenampilan, bergaul, dan gaya-gaya berbicara yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik, dan lain sebagainya. Hal ini juga memerlukan kontrol dari orang tua untuk tayangan yang sifatnya dewasa seperti itu. Jika hal negatif tersebut sudah terjadi maka selanjutnya dapat kita lihat kepribadian dari anak itu sendiri akan berubah dan ”Kemungkinan” merugikan bagi semua pihak termasuk dirinya sendiri.
Jika kita kaji lebih jauh sebenarnya media massa televisi mempunyai fungsi utama yang selalu harus diperhatikan yaitu fungsi informatif, edukatif, rekreatif dan sebagai sarana mensosialisasikan nilai-nilai atau pemahaman-pemahaman baik yang lama maupun yang baru. Namun jika kita lihat kenyataannya sekarang ini, acara-acara televisi lebih kepada fungsi informatif dan rekreatif saja, contohnya sinetron, film, komedi dan infotainment. Sedangkan fungsi edukatif yang merupakan fungsi yang sangat penting untuk disampaikan, sangat sedikit sekali. Sangat disayangkan apabila anak-anak yang merupak aset-aset bangsa yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini serta yang akan memajukan bangsa ini, sejak kecil telah terbiasa dengan hal yang tidak bermanfaat, maka negara ini yang sudah tertinggal dan terpuruk ini akan semakin terpuruk dan tertinggal dan akhirnya akan menjadi negara yang akan di lecehkan oleh negara lain. Inilah fakta yang bukan hanya untuk kita perhatikan tetapi perlu dilakukan tindakan nyata untuk mengantisipasinya. Yang pastinya diperlukan satu-kesatuan tekat dalam setiap diri orang tua dan anggota masyarakat untuk bisa mengatisipasi dampak yang akan terjadi serta bisa menjadi kontrol bagi pihak penyiar televisi terhadap acara-acara yang ditayangkan oleh setiap stasiun televisi.
Menurut saya, bisa disimpulkan bahwa dampak negatif dari televisi adalah menurunya tingkat prestasi anak akibat teralu banyak menonton acara-acara di televisi, terpengaruhnya anak terhadap adegan-adegan di acara televisi, sedikitnya waktu belajar siswa dari pada menonton televisi di rumah, kurangnya pengawasan orang tua terhadap perkembangan anak sehingga anak lebih banyak mencari hiburan sendiri dan yang terakhir kurang tepatnya jadwal tayangan televisi untuk anak-anak. Saya mempunyai beberapa tips untuk mengurangi dampak negatif dari menonton televisi bagi anak-anak. Pertama,terapkan batasan. Kebiasaan anak menonton televisiberhubungan dengan tingkatan pengawasan orangtua. Tetapkan apa, kapan, dan seberapa banyak acara televisi yang ditonton. Memberi batasan akan mengajarkan pada anak bahwa mereka harus memilih acara yang paling didigemari, menghargai waktu dan pilihan, serta menjaga keseimbangan kebutuhan mereka. Kedua, jadikan menonton televisi sebagai pilihan bukan sebagai agenda wajib. Contohnya memberi ijin kepada anak untuk menonton televisi setelah ia belajar atau mengerjakan tugas. Ketiga, pengawasan orang tua. Setiap orang tua memiliki tanggungjawab untuk selalu mengawasi anaknya dan memperhatikan perkembangannya, oeh sebab itu hal-hal yang sekecil apapun harus bisa diantisipasi oleh setiap orang tua mengenai dampak positif atau negatif yang akan ditimbulkan oleh hal yang bersangkutan. Keempat, biasakan anak untuk membaca buku. Letakkan buku ditempat yang mudah dijangkau anak, ajak anak ke toko dan perpustakaan. Dan yang terakhir adalah Perbanyak mendengarkan radio, memutar kaset atau mendengarkan musik sebagai mengganti menonton televisi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan mendenganrkan radio, anak akan terlatih kemampuan mendengarnya, jika kita bandingkan denga menonton televisi hanya merangsang anak untuk mengikuti alur cerita tampa menganalisis lebih lanjut dari apa yang dialihat dan dengar. Begitu juga dengan mendengarkan musik lebih baik dilakukan bila dibandingkan dengan menonton televisi karena bisa melatih perkembangan imajinasi anak. 
Percuma anak di sekolahkan, di beri les tambahan dan sebagainya kalo anda membiarkan anak bebas nonton televisi..

Kurikulum 2013 Tematik-Integratif


Minahasa --- Untuk pertama kalinya Kemdikbud memulai uji publik terhadap kurikulum 2013 yang baru saja selesai dilakukan penataan dan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung yang melakukan ini pun langsung disampaikan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh, Sabtu (24/11) siang.


Hadir di auditorium Universitas Negeri Manado di Tomohon itu sekitar seribu orang lebih peserta yang terdiri atas guru, kepala dinas, kepala sekolah se-Provinsi Sulawesi Utara. “Untuk pertama kalinya kami mengadakan uji publik, dan kami memilih provinsi Sulawesi Utara,” kata Mendikbud.
Inti dari Kurikulum 2013, kata Nuh mengawali penjelasannya, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. “Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan,” katanya.
Titik beratnya, kata Mendikbud menjelaskan, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
“Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 ini, katanya menambahkan, menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya,” katanya.
Nuh berharap melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik. (Kemdiknas)
Kalo memang kurikulum 2013 di anggap paling sempurna, kami akan mendukungnya....
Karena demi generasi bangsa yang lebih baik...

UKG oh UKG... Sempatkah TIK..?

Walau ada kekhawatiran pelajaran TIK akan di hilangkan pada tahun pelajaran 2013, namun tak ada salahnya kita mempersiapkan diri jika nantinya di beri kesempatan untuk mengikuti UKG. jangan putus asa....



Disini saya akan sedikit berbagi Kisi-kisi Ujian UKG TIK, yang saya telusuri dari berbagai sumber... 
Adapun materi dari soal tes UKG TIK meliputi : 
1. Soal-soal UKG TIK lebih banyak soal Microsoft Office (Menggunakan Versi 2010)
2. Soal tentang Data dan Informasi
3. Soal Ms. Word, Excel dan PowerPoint
4. Soal berkaitan dengan pedagogik tidak terlalu banyak (dari 100 soal hanya 10-20 soal saja)
5. Masih banyak soal yang salah dan beberapa gambar tidak muncul


Kisi-kisi dapat di download di sini : 
- Kisi-kisi
- Kisi-kisi update 1
- Kisi-kisi update 2

Semoga Bermanfaat... 

Mau Dibawa Kemana Guru TIK...??



Inilah pertanyaan yang banyak muncul di dunia pendidikan saat ini, terutama jenjang pendidikan SMP/MTs. Topik ini menjadi hangat ketika pemerintah berencana mengubah struktur kurikulum yang sekarang sedang berjalan. Saat ini TIK masih menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri, tapi pada rancangan Kurikulum 2013, TIK tidak lagi masuk dalam struktur kurikulum di MTs/SMP.


12 mata pelajaran (KTSP) yang saat ini diajarkan pada tingkat SMP/MTs  akan berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya. Jadi pada Kurikulum 2013 Mapel TIK, Muatan lokal dan Pengembangan diri dihapus, kemudian ditambah mapel baru Prakarya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran. “Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik,” kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012). “Tidak ada pelajaran komputer (TIK) sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain,” jelas Nuh.
Dengan adanya pengurangan mata pelajaran pada kurikulum baru, tiga mata pelajaran ini diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada. “Muatan lokal itu masuk ke Seni Budaya, Penjaskes, dan Prakarya .  TIK tidak akan berdiri sendiri, tapi jadi media untuk semua mata pelajaran,” kata Nuh.
Mencermati penjelasan Mendiknas di atas, maka peran TIK menjadi sangat strategis dan dominan dalam proses pembelajaran, karena TIK menjadi media semua mata pelajaran. Pertanyaan kita adalah apa, dimana dan bagaimana peran guru TIK selanjutnya dalam pengintegrasian mapel tersebut? Bahkan beberapa teman guru bertanya, bagaimana nasib guru TIK nanti, apalagi yang sudah sertifikasi? Mau diberdayakan di mana? Bagimana rasionalisasinya, sehingga guru TIK tidak dirugikan? Ini yang menjadi tanda tanya besar, karena memang belum ada penjelasan dari pemerintah/mendikbud mengenai peran/kedudukan guru TIK pada Kurikulum 2013.
Dari berbagai pertanyaan itulah, kemudian muncul berbagai spekulasi, katanya guru TIK akan dipindah ke SMA/SMK. Ada lagi yang mengatakan, nanti guru TIK akan diberdayakan sebagai konsultan IT di madrasah/sekolah (jadi berperan seperti guru BK/BP), terutama konsultan bagi guru-guru mapel lain yang menemukan kendala dalam proses pembelajaran berbasis IT. Bahkan ada yang bersepekulasi, nanti guru TIK akan diperbantukan di TU. Haha.. ato malah di pensiun dini aja pak...
Berkaitan dengan hal itu, saya berharap, pemerintah dalam hal ini Mendikbud segera mensosialisasikan dan memberi kejelasan mengenai peran, kedudukan, dan eksistensi  guru TIK SMP/MTs pada kurikulum yang akan diberlakukan Juni 2013 nanti, sehingga guru TIK dapat bersiap untuk menata diri pada peran yang baru nanti.
Belum lagi para mahasiswa yang sekarang sedang mengambil jurusan Ilmu Komputer dengan harapan bisa menjadi guru TIK, karena melihat banyaknya peluang guru TIK kemaren. Harapan mereka akan pupus sebelum berkembang. Apakah juga sudah terfikirkan..?
Semoga akan ada jalan terbaik....

Senin, 26 November 2012

Kode Etik Guru Indonesia


Kode Etik Guru Indonesia – Sahabat sekalian, khususnya dari divisi guru atau pengajar, sudahkah anda memiliki Naskah Kode Etik Guru Indonesia ?. Berikut ini ada naskah Kode Etik Guru Indonesia, silahkan disimak atau di unduh gratis.
Peranan guru semakin penting dalam era global. Hanya melalui bimbingan guru yang profesional, setiap siswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif dan produktif sebagai aset nasional dalam menghadapi persaingan yang makin ketat dan berat sekarang dan dimasa datang.

Dalam melaksanakan tugas profesinya guru Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa perlu ditetapkan Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman bersikap dan berperilaku yang mengejewantah dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika dalam jabatan guru sebagai pendidik putera-puteri bangsa.
Untuk Deatilnya silahkan di simak atau diunduh gratis pada link DISINI

(sumber : http://www.pustakasekolah.com)

Cara Mendaftar Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)


Cara Mendaftar Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)
guru sejahtera
Sahabat guru sekalian, kali ini saya ingin berbagi mengenai Cara mendaftar program Pendidikan Profesi Guru atau PPG. Informasi ini dikhususkan bagi guru-guru yang ingin mengikuti diklat PPG.
Program PPG ini adalah salah satu jalan untuk mencetak guru Indonesia menjadi lebih bekualitas dan berbobot. Dan bagi guru-guru yang bersangkutan yang selesai mengikuti program Profesi PPG ini, maka gajinya akan dobel lho :-)   ( Dapat tunjangan sertifikasi). Program PPG ini sudah dibuka dibeberapa Daerah Di Indonesia.

Cara Mendaftar Program Pendidikan Profesi Guru ( PPG)
Sahabat Guru sekalian, berpedoman pada portal resmi Kemendiknas Republik Indonesia, maka kali ini saya akan mere-write kembali beberapa bagian terpenting untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi guru atau disingkat PPG.
Dasar Hukum Program PPG
  • UU No. 20 Tahun 2003, Tentang Sisdiknas;
  • UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen;
  • PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  • PP No. 74 tentang Guru;
  • Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
  • Permendiknas No. 27 tahun 2008 tentang Program standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor;
  • Permendiknas No. 8 Tahun 2009 tentang Program pendidikan profesi guru pra jabatan;
  • Permendiknas no. 9 Tahun 2010 tentang program pendidikan profesi guru dalam jabatan;
  • Kep mendiknas No. 9 tahun 2010 tentang program pendidikan Guru bagi guru dalam jabatan;
Kriteria Bagi Peserta program PPG adalah sebagai berikut:
  • PPG diorientasikan bagi guru yunior yang berprestasi dan mengajar pada satuan pendidikan (SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK/MAK).
  • Peserta diusulkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
  • Seleksi peserta terdiri atas seleksi administratif dan seleksi akademik. Seleksi administratif dilakukan oleh dinas pendidikan Kabupaten/Kota sedangkan seleksi akademik dilakukan oleh PPG penyelenggara yang ditunjuk Kemendiknas.
  • Peserta yang dinyatakan lulus dan diterima dalam program PPG diberikan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) oleh PPG yang ditunjuk kemendiknas. Daftar peserta yang dinyatakan lulus beserta NPM selanjutnya dilaporkan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas.
Persyaratan Peserta program PPG
Persyaratan peserta PPG adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi, kecuali Program Studi PGSD dan PGPAUD.
  2. Mengajar di satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional.
  3. Guru PNS yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah  (Pemda) atau guru yang dipekerjakan (DPK) pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  4. Guru Non PNS yang berstatus guru tetap yayasan (GTY) atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan negeri yang  memiliki Surat Keputusan dari Pemda.
  5. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  6. Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun.
  7. Bersedia mengikuti pendidikan sesuai dengan peraturan yang ada dan mendapatkan ijin belajar dari Kepala sekolah dan Pemda.
  8. Memiliki surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
  9. Memiliki surat keterangan bebas napza (narkotika, psikotropika, dan zat aditif lainnya) dari instansi yang berwenang.
Okk sahabat Guru, demikian sedikit informasi atau Cara Mendaftar Program Pendidikan Profesi Guru ( PPG) , Semoga bermanfaat tentunya bagi sahabat Pustakers yang lagi mencari informasi tentang program PPG ini.

Minggu, 25 November 2012

MINDSET OF A REAL MAN (MINDSET PRIA IDAMAN):



1. Woman is Number Two, My Passion is Number ONE...

2. I Am Honest and Being My Self... I Don’t care if Woman likes it or not...
...
3. I Don’t apologize for the things I Desire... I Know what I Want and I Know
How to Get it!

4. I am CONFIDENT, ATTRACTIVE, CHARMING and Yes, Woman Knows it...

5. I WANT Woman, but I don’t DESPERATELY NEEDING them...

6. I Don’t Allow Woman to Control my Life and Emotions, I Control Theirs
instead...

7. I am The MOST important Person in my RELATIONSHIP with Woman...

8. Even though I LEAD Woman, I LEAD with LOVE...

9. I Care and Love Woman... but once they’re out of Line, I Punish them...

10. I Give Woman TWO Chances to make mistakes... the FIRST and the
LAST...

11. I am NOT afraid to Walk Away from any Woman no matter how
beautiful they are...

12. Woman Lives under My RULES, and under my RULES, I will LOVE them
with all my HEART!...

So, What are you WAITING FOR? Be a REAL MAN, TODAY!
xRoN

Sabtu, 24 November 2012

Kontroversi Palestina




Fakta yang bertolak belakang saya temukan dari dua pernyataan di web berikut ini,
1 Pernyataan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi
Tidak banyak yang tahu bahwa persentase terbesar penduduk di Palestina adalah penganut yahudi bukan muslim atau nasrani yang selama ini dikenal. Hal ini disampaikan oleh Duta besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi, ketika ditemui dalam seminar memperingati Hari Internasional Solidaritas untuk Palestina yang berlangsung di Auditorium Yustinus Universitas Atmadjaya, Jakarta, Rabu (30/11/2011).
“Di Palestina 50% penduduknya beragama Yahudi dan sisanya beragama Kristen dan Muslim yang berada di daerah Tepi Barat dan Yerusalem,” ujarnya.
Mehdawi juga heran dengan beberapa orang dan kelompok yang selalu berteriak mendukung Palestina dan mengutuk Israel tetapi mereka tidak tahu permasalahannya yang terjadi di Palestina,
“Saya bingung dan heran dengan isu dan teriakan “Allahu Akbar” dari orang-orang terhadap yang terjadi antara Palestina dan Israel padahal mereka tidak tahu apa-apa dan tidak ada peran sama sekali untuk membantu kami, nol besar,” ungkapnya.
Terkait dengan Indonesia, Palestina membutuhkan bantuan dari Indonesia karena dengan pengalamannya dalam politik dan demokrasi serta sejarah perjuangan mereka selama 350 tahun.
Tanggal 29 November oleh PBB ditetapkan sebagai Hari Internasional Solidaritas terhadap Palestina pada Sidang Umum PBB 12 Desember 1979. Tanggal ini dipilih karena pada 29 November 1947 PBB menerapkan resolusi 181 (II) atau yang dikenal dengan nama Partition Resolution.
Resolusi ini mengatur pembagian Palestina menjadi dua, negara Yahudi dan negara Arab, dengan Yerusalem sebagai corpus separatum kedua wilayah. Namun, hanya satu negara yang lahir dari resolusi ini, yaitu Israel. Sementara Palestina masih diragukan kedaulatannya, bahkan oleh PBB sekalipun. 
2. Pernyataan dari Wikipedia tentang penduduk Palestina
Bangsa Palestina (bahasa Arab:الشعب الفلسطيني, ash-sha`b al-filasTīni) adalah bangsa yang menuturkan bahasa Arab. Populasi Bangsa Palestina, termasuk keturunan, jika dibulatkan adalah 10 juta jiwa, Kira-kira setengah tinggal di wilayah Palestina, mencakup wilayah IsraelTepi Barat termasuk Yerusalem timur, Jalur Gaza dan Yordania. Di daerah ini jika digabungan, pada 2009, mereka merupakan mayoritas 51% dari seluruh penduduk. beberapa di antaranya adalah pengunsi. Sisanya, lebih dari separuh dari seluruh Palestina, terdiri dari yang dikenal sebagai diaspora Palestina, yang kebanyakan adalah pengungsi Palestina di negara manapun. Dari diaspora, lebih dari dua setengah juta hidup di negara tetangga Yordania, satu juta dibagi antara Suriah dan Lebanon, seperempat juta di Arab Saudi, danChile setengah juta adalah konsentrasi terbesar di luar dunia Arab.
Dengan afiliasi keagamaan, kebanyakan warga Palestina adalah Islam, khususnya cabang Sunni Islam, dan ada minoritas Kristen yang signifikan Palestina dari berbagai denominasi Kristen, serta komunitas-komunitas religius kecil. Sebagai istilah umum diterapkan "Palestina Arab" ethnonym menyiratkan, arus tradisional vernakular Palestina, terlepas dari agama, adalah dialek Arab Palestina.


Ditambah lagi pernyataan haram dari ulamaWahabi
Ulama Wahabi Berfatwa: Haram Demo Anti Israel dan Dukung Palestina
allahidan2
Lagi, fatwa heboh ulama wahabi atau salafy, disaat manusia yang punya nurani dan rasa kemanusiaan baik dibelahan dunia Islam maupun Barat menangis dan prihatin atas tragedi kemanusian di Gaza, serta memprotes tindakan biadab Israel yangmembantai penduduk sipil Palestina dari anak-anak sampai orang dewasa, tau-tau seorang ulama Wahabi asal Saudi Arabia “Syekh Saleh al-lahidan” -lihat foto diatas- (Ketua Majlis Tinggi Urusan Hukum – رئيس المجلس الأعلى للقضاء ) mengeluarkan fatwa aneh, yakni haram demo dukung Palestina dan anti Israel  serta menentang kebiadabannya di Gaza.
Al-Lahidan dalam fatwanya mengatakan bahwa demo menentang kebiadaban Israel dan unjuk rasa membela bangsa Palestina yang tertindas adalah bentuk perbuatan anarkis, merusak di bumi Allah (fasad), tidak ada kebaikannya dan perbuatan yang melalaikan manusia dari mengingat Allah SWT.  oleh karenanya DIHARAMKAN sama-sekali.
Sebelumnya ulama wahabi “Syekh Muqbil bin Hadi” juga pernah berfatwa bahwa gerakan perlawanan Islam “HAMAS” adalah gerakan jihad yang menyimpang. fatwa ini ditarjamah dan didokumentasi disitus “salafy.or.id” (baca fatwanya disini)
___________________
Berita Diatas di Sadur dari situs Islam Online

صالح اللحيدان: المظاهرات “فساد في الأرض”

ياسر باعامر

جدة- وصف رئيس المجلس الأعلى للقضاء في السعودية الشيخ صالح اللحيدان المظاهرات التي تقوم بها الجماهير في العديد من الدول العربية؛ تنديدا بالعدوان الإسرائيلي على قطاع غزة، بـ”الفساد في الأرض”، مبررا رؤيته بأن المظاهرات “تصد عن ذكر الله، حتى وإن لم يحصل فيها تخريب”.

وخلال محاضرة ألقاها بعنوان “أثر العقيدة في محاربة الإرهاب والانحراف الفكري” قال الشيخ اللحيدان إن أول مظاهرة شهدها الإسلام في عهد الصحابي الجليل عثمان بن عفان “كانت شرا وبلاء على الأمة الإسلامية”، ووصف تعبير الجماهير عن مواقفها عبر التظاهر بأنه “استنكار غوغائي، إذ إن علماء النفس وصفوا جمهور المظاهرات بمن لا عقل له”.

في ضوء ذلك، اعتبر أن المظاهرات التي شهدها الشارع العربي ضد غارات إسرائيل على غزة من قبيل “الفساد في الأرض، وليست من الصلاح والإصلاح”، بحسب ما نقلت عنه صحيفة “الحياة” اللندنية في عدد اليوم السبت.

وبرر رؤيته بالقول إن المظاهرات حتى إذا لم تشهد أعمالا تخريبية “فهي تصد الناس عن ذكر الله، وربما اضطروا إلى أن يحصل منهم عمل تخريبي لم يقصدوه”، وأضاف متعجبا: “متى كانت المظاهرات والتجمعات تصلح؟!”.

وتابع استهجانه للمظاهرات بالقول إن: “المظاهرات مسألة فوضى، فهم يخربون ما يمرون عليه من المتاجر، ويرون أن هذا غضب منهم على العدوان، وهذا مما ينمي العدوان بينهم”.

من جهة أخرى، شدد رئيس مجلس القضاء الأعلى في السعودية على أهمية الدعاء للفلسطينيين والقنوت في المساجد.

وأوضح الشيخ اللحيدان أن الأمة الإسلامية تمر الآن بـ”محنة كبيرة وعدوان بلا حياء وبوحشية وهمجية، وسكوت من بعض القادرين على المنع”، معتبرا ذلك نوعا “من التعاون على الإثم والعدوان، مع عجز متناه من الأمة الإســلامية من حيــث العمل، فالأمة الإسلامية تعرف نفسها”.

ويعد الشيخ صالح بن محمد اللحيدان أكثر أعضاء هيئة كبار العلماء (المؤسسة الدينية الرسمية) نفوذا، إلى جانب كونه رئيسا لمجلس القضاء الأعلى.

وكان الشيخ قد أفتى في سبتمبر الماضي بجواز قتل ملاك الفضائيات الذين يبثون مواد خليعة عبر أحكام القضاء، إلا أنه وبعد انتقادات كبيرة لفتواه عاد وأوضح أنه يستدعي نصح ملاك الفضائيات، وإذا لم يرتعدوا فيجب محاكمتهم وإصدار أحكام رادعة بحقهم من جانب ولي الأمر، ولا يعني ذلك الدعوة إلى قتلهم عدوانا.

وطالب في ضوء هذه الفتوى بعض المفكرين الليبراليين السعوديين مثل الدكتور تركي الحمد بإقالة الشيخ اللحيدان من منصبه.



Marilah kita sikapi dengan bijak, dan mencari referensi yang lebih valid...